Minggu, 28 Juni 2009

FAKTOR PENDORONG

Pendorong menurut Kahler

Kahler (1975) mengidentifikasi lima pendorong yang umum yang memotivasikita, dan masing-masing dapat menjadi akar penyebab perilaku yang salah fungsi. Kelimanya secara umum merupakan kerangka dari pendorong-pendorong Analisis Transaksi, walaupun masing-masing dapat berdiri sendiri.

Kelima faktor pendorong motivasi dapat distrukturkan dalam catatan seperti berikut:
* Menjadi Sempurna
* Menjadi Kuat
* Cepat-Cepat, Buru-Buru
* Menyenangkan Orang Lain
* Mencoba dengan Keras

Salah satu atau sebagian dari kelima faktor pendorong di atas berakar sejak awal dari guru atau orang tua yang membantu anak kecil supaya berfungsi secara sosial, tetapi barangkali tidak memberikan petunjuk yang mencukupi dan juga pujian yang memadai dalam perilakunya, sehingga mengakibatkan anak kecil melakukannya secara berlebihan.

Dalam jumlah yang wajar, faktor-faktor pendorong ini akan efektif dalam menciptakan fungsi-fungsi dan keberhasilan ketika dewasa. Ketika orang tidak tahu kapan harus berhenti, maka dapat tercipta perilaku yang tidak fungsional, yang akan menimbulkan tekanan dan konsekuensi lanjutannya terjadi.

Jadi bagaimana?
Kenalilah faktor-faktor pendorong ini dalam diri anda sendiri dan orang lain dan perlakukan mereka dengan sesuai. Ajukan pertanyaan seperti berikut:

* Siapa yang mengatakan bahwa saya harus sempurna (dst)?
* Apa itu mencukupi? Siapa yang berkata sudah 'cukup'?
* Apa yang akan terjadi jika saya tidak menaati faktor pendorong ini? Hal buruk apa yang akan terjadi? Hal baik ap0a yang akan terjadi?

Perlu diskusi lebih lanjut? Tuliskan di: batomerattan@gmail.com

1 komentar:

  1. Halo, salam dalam nama Tuhan. i am a Iblaze Adams Scofield, saya akan senang untuk memberitahu setiap pencari pinjaman mencari pemberi pinjaman pinjaman swasta yang sah, bijaksana dan tidak menjadi korban penipuan, saya telah scammed bergilir di internet semua karena saya membutuhkan pinjaman. Untuk meringkas semua yang dikatakan, saya diarahkan ke sarahmantiwongloanhome@gmail.com, itu adalah mimpi yang menjadi kenyataan, saya menerima pinjaman saya setelah membayar biaya yang mereka sebut biaya transfer, pada awalnya saya menyimpulkan, para thives yang sama tetapi untuk saya kejutan, saya mendapat pinjaman saya. Kebenaran yang mereka katakan adalah baik, In-kasus ada yang membutuhkan pinjaman jangan jatuh ke tangan pencuri, silakan tulis Mrs. Sarah di Email ini, sarahmantiwongloanhome@gmail.com Terima, kasih dan Tuhan memberkati Anda semua.



    BalasHapus